Kebotakan (Alopecia)

KAPAN KERONTOKAN DIANGGAP TIDAK NORMAL?

Rambut rontok sebenarnya adalah hal yang wajar karena kejadian itu merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambuh normal.
Rambut rontok baru mencemaskan apabila jumlah yang rontok sudah melebihi batas normal yaitu sekitar 100-150 helai per hari dari jumlah rambut yang ada di kulit kepala kita yang jumlahnya sekitar 100.000 helai*.

*Referrensi : dr. Philip Artemi, dermatologist, Australia, 2012

 

Ada sekitar 100.000 helai rambut di kepala manusia, yang terbagi ke dalam 3 Fase siklus rambut, yaitu :

Ada beberapa jenis kebotakan, namun yang paling umum sekaligus paling sulit diatasi oleh sekedar hair nutrition ialah jenis Androgenic Alopecia (AGA) yaitu kebotakan yang terjadi akibat problem Hormon Androgen.

Hormon Androgen ini terdapat di tubuh pria maupun wanita, yang paling utama dan populer dari kelompok Hormon Androgen ini ialah Hormon Testosteron.

Hormon ini berguna untuk organ reproduksi pria dan pemberi tanda seksual sekunder pria, seperti tubuh berotot, kumis, janggut, dsb. Sedangkan pada wanita, hormon ini berguna untuk libido.

Sebagian Hormon Testosteron ini di dalam tubuh kita akan dikonvensi menjadi Dehidrotestosteron (DHT) karena aktivitas suatu enzim yanag disebut 5 a Reductase. Nah DHT inilah yang memberikan dampak buruk bagi rambut kita.  

 

APA YANG DIMAKSUD ANDROGEN ALOPECIA?

Ada beberapa jenis kebotakan, namun yang paling umum sekaligus paling sulit diatasi oleh sekedar hair nutrition ialah jenis Androgenic Alopecia (AGA) yaitu kebotakan yang terjadi akibat problem Hormon Androgen.

Hormon Androgen ini terdapat di tubuh pria maupun wanita, yang paling utama dan populer dari kelompok Hormon Androgen ini ialah Hormon Testosteron. Hormon ini berguna untuk organ reproduksi pria dan pemberi tanda seksual sekunder pria, seperti tubuh berotot, kumis, janggut, dsb. Sedangkan pada wanita, hormon ini berguna untuk libido.

Sebagian Hormon Testosteron ini di dalam tubuh kita akan dikonversi menjadi Dehidrotestosteron (DHT) karena aktivitas suatu enzim yang disebut “5 a Reductase”. Nah DHT inilah yang memberikan dampak buruk bagi rambut kita.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENYEBAB AGA

1. Adanya DHT yang merupakan hasil konversi testoteron

2. Extra Cellular Matrix (ECM) Protein yang tidak optimal dan Peradangan (inflamasi) di kulit kepala